Kuliah Umum

Dalam rangka meningkatkan kemampuan civitas akademika, maka Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP USM mengadakan kuliah umum secara periodik sebagai tambahan wawasan dan pengetahuan dengan menghadirkan narasumber dari luar kampus.

   

TAHUN AKADEMIK 2017/2018

Prodi Pendidikan Ekonomi USM Gelar Kuliah Umum Bahas Dana Desa

PM, Banda Aceh – Program studi pendidikan ekonomi FKIP Universitas Serambi Mekah (USM) Jumat (10/11) kemarin, menggelar kuliah umum. Kegiatan ini menghadirkan Helmi Iskandar, S. Sos, M. Si, dari Dinas Pengembangan Masyarakat Gampong (DPMG) Aceh, sebagai pemateri.

Kuliah umum yang digelar selama satu hari di aula auditorium DR. Mr. Teuku Moehammad Hasan ini, mengusung tema “Penggunaan Dana Desa dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat dan Pembagunan Gampong”.

Menurut Helmi Iskandar, berdasarkan evaluasi terakhir bahwa penyaluran dana desa masih banyak kendalanya. Salah satunya keterlambatan daerah dalam memasukkan dana desa dalam APBD induk. Selain itu sebagian daerah terlambat dalam menetapkan Perbub tentang pengalihan dana desa perdesa.

Kuliah Umum tentang Pendidikan di Taiwan menghadirkan pemateri dari Elite Study in Taiwan

Kuliah umum akuntansi dan perbankan menghadirkan pemateri dari Bank Indonesia

 

TAHUN AKADEMIK 2016/2017

BANDA ACEH – Dekan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah, Barmawi, M.Si., mengatakan, menyambut bulan Ramadhan (Ramadan) diperlukan persiapan supaya pelaksanaanya lebih baik. Persiapan dimaksud mulai mental spritual hingga persiapan finansial, jasmani, dan lainnya.

Selengkapnya di link berikut:

http://portalsatu.com/read/kampus/ini-persiapan-penting-menyambut-ramadan-29303

 

Pengurus Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Aceh memberi kuliah umum kebencanaan di Kampus Universitas Serambi Mekkah (USM) Banda Aceh, menjelang buka puasa, Kamis (15/6/2017).

Kuliah umum yang diikuti kalangan mahasiswa dan unsur organisasi kebencanaan itu menghadirkan tiga narasumber utama dari Pengurus PRB Aceh, yaitu Wakil Ketua I Ir TM Zulfikar MP, Wakil Ketua II Dr Muslem Daud M.Ed, dan Wakil Ketua IV Yarmen Dinamika yang juga Redaktur Pelaksana Harian Serambi Indonesia mewakili Ketua FPRB Aceh, Nasir Nurdin.

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Pengurus Forum PRB Aceh Beri Kuliah Umum Kebencanaan di Kampus USM.

Selngkapnya di link berikut ini: , http://aceh.tribunnews.com/2017/06/15/pengurus-forum-prb-aceh-beri-kuliah-umum-kebencanaan-di-kampus-usm.

 

TAHUN AKADEMIK 2015/2016

FKIP-USM Adakan Kuliah Umum Kewirausahaan

 LintasAtjeh  9:18 PM

BANDA ACEH – Bertempat di Ruang Kuliah Umum (RKU) Mister T. Muhammad Hasan, Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi adakan kuliah umum pada tanggal 18 Mei 2016 mulai jam 9.30 s/d 12.00 WIB. Dalam perkuliahan dimaksud, dihadirkan Bapak Helmi Iskandar, S.Sos, M.Si sebagai pemateri.

Ia merupakan Kepala Sub Bidang Pengembangan Usaha Ekonomi dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Aceh.

Topik pembahasan adalah ‘pengembangan usaha ekonomi masyarakat gampong (kewirausahaan)’.

Pembantu Dekan I Bidang Akademik, Drs. Abubakar A. Djalil, M.Si, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan kuliah umum merupakan salah satu pintu membuka wawasan, cara berfikir dan mendapatkan informasi langsung dari tenaga ahli dan pelaku kegiatan. Dengan demikian kegiatan ini sangat penting untuk mensolidkan pengetahuan dan pemahaman civitas akademika dosen dan mahasiswa tentang pengembagan usaha dan juga pemberdayaan ekonomi masyarakat kita. Disamping itu, ini akan menambah poin akdeditasi Prodi Pendidikan Ekonomi yang saat ini sudah mendapatkan B untuk terus ditingkatkan, menjadi A.

Selengkapnya di link berikut:

https://www.lintasatjeh.com/2016/05/fkip-usm-adakan-kuliah-umum-kewirausahaan.html

Kuliah Umum Kependidikan oleh DR. Muhibbuddin MS dari Universitas Syaih Kuala tahun akademik 2015/2016