Prodi

Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi merupakan salah satu program studi dalam lingkup  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Serambi Mekkah (USM) yang bernaung di bawah Yayasan Pembangunan Serambi Mekkah (YPSM), didirikan oleh Pahlawan Nasional Indonesia, Dr. Mr. H. T. Moehammad Hasan.

Identitas Program Studi

 

1. NamaProgram Studi : Pendidikan Ekonomi
2. Izin Pendirian : 240/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013
3. Status Akreditasi : B  
4. Visi : Terwujudnya Program Studi Pendidikan Ekonomi yang mampu
      mengembangkan  Ilmu  Pendidikan  Ekonomi  serta  menghasilkan
      tenaga Pendidik Ekonomi yang berkualitas, berdaya saing tinggi
      dan berjiwa wirausaha.
5. Misi : Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang
      pendidikan    Ekonomi,    penelitian    dan    pengabdian    pada
      masyarakatuntuk  menghasilkan  sumber  daya  manusia  yang
      berkualitas,  berdaya  saing  tinggi  dan  berjiwa  wirausaha  dalam
      bidang akademik, profesi, dan vokasi.
6. Tujuan : a. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, beriman dan taqwa,
        profesional,   dan   memiliki   integritas,   nilai   dan   sikap,
        pengetahuan,   kecerdasan,   keterampilan   dan   kemampuan
        sebagai pendidik dalam pendidikan ekonomi, wirausahawan,
        dan konsultan pendidikan ekonomi.
      b. Menghasilkan  kajian  akademik  di  bidang  ilmu  pendidikan
        ekonomi yang berwawasan lingkungan berbasis potensi lokal.
      c. Menghasilkan pendidik, wirausahawan, konsultan,dan peneliti
        dalam  bidang  pendidikan  ekonomi,  untuk  kemajuan  dan
        kesejahteraan masyarakat.
      d. Terciptanya jalinan kerjasama dan kemitraan yang baik dengan
        instansi  pemerintah,  dunia  usaha  atau  lembaga  lain  untuk
        meningkatkan mutu lulusan.

 

 

 

  1. Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran 1) Profil Lulusan dan Deskripsi Profil

 

No Profil Lulusan Deskripsi Profil
     
1 Pendidik dalam Pendidik  yang  mampu:  (1)  menguasai  prinsip-prinsip  dan  teori-teori
  Pendidikan Ekonomi pendidikan  tentang metode,  strategi  pembelajaran  yang diaplikasikan
    dalam pembelajaran ekonomi; (2) mengembangkan kurikulum ekonomi,
    merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi;
    (3)  mengembangkan  potensi  peserta  didik  secara  mendalam;  (4)
    menerapkan prinsip-prinsip dasar mengajar pada tiap jenjang dan satuan
    pendidikan (SMP, SMA dan SMK) yang dilandasi dengan nilai-nilai
    humanitarian dan hak asasi manusia; (5) bekerjasama dalam tim untuk
    memecahkan   permasalahan   pendidikan   dan   pembelajaran;   (6)
    melakukan pendampingan baik kepada orangtua maupun peserta didik
    yang mengalami masalah pembelajaran; dan (7) memiliki kepribadian

 

No Profil Lulusan       Deskripsi Profil        
                       
          luhur dan karakter yang kuat sebagai pendidik.        
          Pendidik  yang profesional memiliki kemampuan pedagogik dan  
          keilmuan bidang studi pendidikan ekonomi yang tinggi, serta mampu  
          mengelola pembelajaran secara kreatif, inspiratif, inovatif, menantang  
          dan memotivasi                  
                       
2   Wirausaha dalam bidang   Wiraushawan yang mampu: (1) menguasai keilmuan dasar ekonomi; (2)  
    Pendidikan/Latihan   memahami  materi  ilmu  ekonomi  secara  luas  dan  mendalam;  (3)  
          mengembangkan hubungan antara konsep dasar dan keilmuan dengan  
          mata pelajaran; (4) berkomunikasi secara efektif dalam bahasa lisan dan  
          tulis; dan (5) berwirausaha (kreatif dan inovatif).        
                       
3   Konsultan/Pengkaji   Konsultan  yang  mampu:  (1)  memberikan  pertimbangan  dalam  hal  
    Pendidikan Ekonomi   pengembangan  kurikulum;  (2)  memberikan  pertimbangan  dalam  hal  
          Proses   Pembelajaran;   (3)   memberikan   pertimbangan   dalam   hal  
          merancang pembelajaran; dan (4) memberikan pertimbangan dalam hal  
          pengelolaan pembelajaran.                
4   Peneliti Pendidikan   Peneliti yang mampu: (1) menerapkan prinsip, hukum, dan teori dasar  
    Ekonomi     keilmuan dalam kehidupan sehari hari; (2) melakukan penelitian atau  
          mengembangkan  karya  inovatif,  serta  mengkomunikasikan  penelitian  
          atau karyanya.                  
2) Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran                
                               
No   Profil     Capaian Pembelajaran (CP)     Elemen Kopentensi  
  Lulusan                    
        PK KK KB PB BB  
                   
                             
1   Pendidik A. Sikap                      
    Bidang                
    1.  Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan            
    Ekonomi mampu menunjukkan sikap religius            
                 
                     
      2.  Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam              
      menjalankan tugas berdasarkan agama,moral,            
      dan etika.                    
      3.  Berkontribusi dalam   peningkatan   mutu              
      kehidupan bermasyarakat, berbangsa,            
      bernegara, dan kemajuan peradaban            
                   
      berdasarkan Pancasila.                
                     
      4.  Berperan sebagai warga negara yang bangga              
      dan  cinta  tanah  air, memiliki  nasionalisme            
      serta  rasa  tanggungjawab  pada  negara  dan            
                   
      bangsa.                      
                         
      5.  Menghargai keanekaragaman budaya,              
      pandangan,  agama,  dan  kepercayaan,  serta            
      pendapat atau temuan orisinal orang lain              
                     
      6.  Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial              
      serta kepedulian terhadap masyarakat dan            
      lingkungan.                    
                               

 

Profil

No

Lulusan

 

  Capaian Pembelajaran (CP)     Elemen Kopentensi
               
      PK KK KB PB BB
                       
                   
7. Taat  hukum  dan disiplin dalam kehidupan        
  bermasyarakat dan bernegara                
                   
                     
8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika        
  akademik.                            
                               
                   
9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas          
  pekerjaan di bidang keahliannya secara        
  mandiri                              
               
10. Menginternalisasi semangat kemandirian,        
  kejuangan, dan kewirausahaan                
                   
                             
B. Pengetahuan                            
               
1. Menguasai keilmuan dasar pendidikan.          
                 
2. Menguasai keilmuan dasar ekonomi.            
             
3. Menguasai  prinsip-prinsip  dan  teori-teori          
  pendidikan tentang metode,   strategi        
  pembelajaran yang diaplikasikan dalam        
           
  pembelajaran ekonomi.                      
                   
4. Mampu mengembangkan potensi peserta        
  didik secara mendalam                    
                       
             
5. Memahami materi ilmu ekonomi secara luas        
  dan mendalam                        
                           
                   
6. Mengembangkan hubungan antara konsep        
  dasar dan keilmuan dengan mata pelajaran        
           
             
7. Mampu  menerapkan  prinsip,  hukum,  dan          
  teori dasar keilmuan dalam kehidupan sehari        
  hari.                              
             
8. Mampu  menerapkan  prinsip-prinsip  dasar          
  mengajar  pada  tiap  jenjang  dan  satuan          
  pendidikan  (SMP,  SMA  dan  SMK)  yang        
  dilandasi  dengan  nilai-nilai  humanitarian          
  dan hak asasi manusia.                      
                       
9. Mampu melakukan   penelitian   atau          
  mengembangkan karya inovatif,   serta        
  mengkomunikasikan   penelitian   atau        
               
  karyanya.                              
                   
10. Memiliki kemampuan untuk melakukan          
  pendampingan baik kepada orangtua        
  maupun  peserta  didik   yang  mengalami        
           
  masalah pembelajaran.                      
                   
11. Memiliki kepribadian luhur dan  karakter        
  yang kuat sebagai pendidik                
                   
                       
C. Keterampilan Umum                      
                                 

 

No Profil     Capaian Pembelajaran (CP)   Elemen Kopentensi
Lulusan                
      PK KK KB PB BB
                   
                             
    1.   Memiliki     kemampuan   untuk          
        berwirausaha(mampu berkomunikasi secara    
        efektif dalam bahasa lisan dan tulis, kreatif          
        dan inovatif)                    
                       
    2. Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar          
        mengajar  pada  tiap  jenjang  dan  satuan    
        pendidikan  (SMP,  SMA  dan  SMK)  yang          
        dilandasi  dengan  nilai-nilai  humanitarian          
        dan hak asasi manusia.                
                       
    3. Mampu bekerjasama dalam tim   untuk          
        memecahkan permasalahan pendidikan dan    
        pembelajaran.                  
                     
    D. Keterampilan Khusus                
               
    1. Mampu mengembangkan kurikulum ekonomi.        
                   
    2. Mampu  merencanakan, melaksanakan dan        
      mengevaluasi pembelajaran ekonomi          
                 
                           
2 Wirausaha A. Sikap                      
  dalam                
  1.   Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan        
  bidang     mampu menunjukkan sikap religius          
                 
  pendidikan                
  2.   Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam          
  dan latihan     menjalankan tugas berdasarkan agama,moral,        
        dan etika.                      
                         
    3.   Berkontribusi dalam peningkatan mutu          
        kehidupan   bermasyarakat, berbangsa,        
        bernegara,   dan kemajuan peradaban        
                   
        berdasarkan Pancasila.                
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga          
        dan  cinta tanah  air,  memiliki  nasionalisme        
        serta  rasa  tanggungjawab  pada  negara  dan        
                 
        bangsa.                      
                       
    5.   Menghargai keanekaragaman budaya,          
        pandangan,  agama,  dan  kepercayaan,  serta        
        pendapat atau temuan orisinal orang lain            
               
    6.  Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial          
        serta kepedulian terhadap masyarakat dan        
        lingkungan.                    
                       
    7. Taat  hukum dan disiplin  dalam kehidupan        
        bermasyarakat dan bernegara            
                     
                         
    8.   Menginternalisasi nilai,  norma, dan etika        
        akademik.                    
                             
                       
    9.   Menunjukkan sikap  bertanggungjawab atas        
                               

 

No Profil   Capaian Pembelajaran (CP)     Elemen Kopentensi
Lulusan                
      PK KK KB PB BB
                     
                 
      pekerjaan   di   bidang   keahliannya   secara          
      mandiri                          
                       
    10. Menginternalisasi   semangat kemandirian,        
      kejuangan, dan kewirausahaan              
                     
                             
    B. Pengetahuan                        
                   
    1. Menguasai keilmuan dasar ekonomi          
                 
    2. Memahami materi ilmu ekonomi secara luas        
      dan mendalam                      
                             
                       
    C.  Keterampilan Umum                  
                       
      Memiliki kemampuan untuk berwirausaha    
      (kreatif dan inovatif)              
                         
                       
    D. Keterampilan Khusus                  
                       
      Memiliki kemampuan untuk berwirausaha    
      dalam bidang jasa pendidikan dan latihan    
               
                               
3 Konsultan/ A. Sikap                          
  Pengkaji              
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan        
  Pendidikan   mampu menunjukkan sikap religius          
               
  Ekonomi              
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam          
      menjalankan tugas berdasarkan agama,moral,        
      dan etika.                          
                       
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu          
      kehidupan   bermasyarakat,   berbangsa,        
      bernegara,   dan kemajuan   peradaban        
                   
      berdasarkan Pancasila.                  
                 
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga          
      dan  cinta tanah air,  memiliki nasionalisme        
      serta  rasa  tanggungjawab  pada  negara  dan        
               
      bangsa.                          
                     
    5. Menghargai keanekaragaman budaya,          
      pandangan,  agama, dan  kepercayaan, serta        
      pendapat atau temuan orisinal orang lain            
                 
    6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial          
      serta kepedulian terhadap masyarakat dan        
      lingkungan.                        
                       
    7. Taat  hukum dan disiplin  dalam kehidupan        
      bermasyarakat dan bernegara              
                     
                         
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika        
      akademik.                        
                               
                       
    9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas        
      pekerjaan di bidang keahliannya   secara        
               
                                 

 

Profil

No

Lulusan

 

 

Capaian Pembelajaran (CP)       Elemen Kopentensi
               
    PK   KK KB PB BB
                   
                             
mandiri                            
               
10. Menginternalisasi   semangat kemandirian,          
kejuangan, dan kewirausahaan              
               
                         
B. Pengetahuan                        
               
1.  Memiliki kemampuan dalam menyampaikan            
gagasan (ide),  dengan berpikir  logis, kritis,          
sistematis,   dan   inovatif   dalam   konteks          
           
pendidikan dan ilmu ekonomi.                
             
2.  Kemampuan dalam mengkaji fenomena, dan            
masalah pendidikan dan   ekonomi yang            
dinamis baik tingkat lokal, nasional, regional,          
dan global berdasarkan kaidah, tata cara dan            
etika ilmiah.                          
                       
3.  Memiliki     Kemampuan   dalam            
mendisksipsikan dan menganalisis temuan,            
dengan   pendekatan saintifik dan          
menyajikannya  dalam  bentuk  skripsi  atau          
           
laporan tugas akhir, dan mempublikasikannya            
dalam artikel Jurnal Ilmiah.                    
             
4.  Mampu menyampaikan gagasan (ide), dengan            
berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif          
dalam pengembangan ekonomi.                
                     
5.  Memiliki   kemampuan dalam mengkaji            
fenomena, dan masalah   ekonomi yang            
dinamis baik tingkat lokal, regional, nasional,          
dan global) berdasarkan kaidah, tata cara dan            
etika ilmiah                          
                   
6.  Mendisksipsikan hasil temuan, dengan            
pendekatan saintifik dan menyajikannya            
dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir,          
dan mempublikasikannya dalam artikel Jurnal            
Ilmiah.                            
                         
C. Keterampilan                        
             
1.  Mampu  memberikan pertimbangan dalam hal          
pengembangan kurikulum                  
                   
             
2.  Mampu memberikan pertimbangan dalam hal          
Proses Pembelajaran                    
                     
             
3.  Mampu memberikan pertimbangan dalam hal          
merancang pembelajaran.                  
                   
             
4.  Mampu memberikan pertimbangan dalam hal          
pengelolaan pembelajaran                  
                   
                             

 

No Profil   Capaian Pembelajaran (CP)     Elemen Kopentensi
Lulusan                
      PK KK KB PB BB
                     
                               
4 Peneliti A. Sikap                          
  Pendidikan              
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan        
  Ekonomi   mampu menunjukkan sikap religius          
               
                 
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam          
      menjalankan tugas berdasarkan agama,moral,        
      dan etika.                          
                       
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu          
      kehidupan   bermasyarakat,   berbangsa,        
      bernegara,   dan kemajuan   peradaban        
                   
      berdasarkan Pancasila.                  
                 
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga          
      dan  cinta  tanah air,  memiliki nasionalisme        
      serta  rasa  tanggungjawab  pada  negara  dan        
               
      bangsa.                          
                       
    5. Menghargai   keanekaragaman budaya,          
      pandangan,  agama,  dan  kepercayaan,  serta        
      pendapat atau temuan orisinal orang lain            
                 
    6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial          
      serta kepedulian terhadap masyarakat dan        
      lingkungan.                          
                       
    7. Taat  hukum   dan disiplin  dalam  kehidupan        
      bermasyarakat dan bernegara              
                     
                         
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika        
      akademik.                        
                               
                       
    9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas          
      pekerjaan   di   bidang   keahliannya   secara        
      mandiri                          
                       
    10. Menginternalisasi   semangat kemandirian,        
      kejuangan, dan kewirausahaan              
                     
                             
    B. Pengetahuan                        
                         
    1. Menguasai konsep teoretik   penelitian        
      kuantitatif dalam bidang Kependidikan          
                 
                 
    2. Merumuskan  grand  konsep  variabel,  dan          
      penyusunan kerangka  pikir  terkait  dengan        
      konstelasi  variabel  dlm  rangka  perumusan        
               
      hipotesis                          
                 
    3. Menguasai  jenis  pendekatan  dan  penentuan          
      subyek   penelitian dan jenis metode        
      pengumpulan data                      
                       
    C. Keterampilan Umum                  
                           
    1. Menguasai   berbagai desain   penelitian        
                                 

 

No Profil   Capaian Pembelajaran (CP)     Elemen Kopentensi
Lulusan                
    PK   KK KB PB BB
                 
                   
      kuantitatif  dalam  bidang  pendidikan  dan            
      ekoonomi                      
                           
    2. Mensimulasikan berbagai   jenis desai            
      penelitian dalam praktek penelitian        
      pendidikan maupun ekonomi                  
                       
    3. Menguasai dan  melakukan prosedur  dan        
      pengembangan metode pengumpulan data.        
                 
                       
    D. Keterampilan Khusus                  
                         
    1. Mampu  menyusun proposal skripsi sesuai        
      dengan topik yang dipilihnya secara individu        
                 
                   
    2. Mahasiswa  mampu  melakukan  analisis  data        
      hipotetik sesuai dengan topik yang dipilihnya